Nasional, Tegal –Jalan tol Brebes-Pemalang direncanakan beroperasi pada musim lebaran tahun ini meski belum selesai seratus persen. Manajer Proyek PT. Pemalang Pejagan Toll Road, Mulya Setiawan, memastikan pengendara tidak akan dikenakan biaya saat melewati tol ini. “Nanti gratis karena belum jadi 100 persen,” kata Mulya, kepada Tempo, Minggu, 9 April 2017.

Mulya menjelaskan gerbang dengan 12 pintu masuk akan dibangun pada enam kilometer pertama dari Brebes Exit Tol (Brexit). Pengemudi yang mudik bisa menggunakan gerbang ini untuk melakukan pembayaran saat datang dari arah tol Palimanan sampai Brebes Timur.

“Jadi bayar di gerbang itu bukan untuk Tol Brebes-Pemalang tetapi untuk bayar dari Palimanan, Kanci, Pejagan, dan Brebes Timur. Kalau semuanya keluar di Brebes Timur dikhawatirkan akan macet,” kata dia. Mulya mengklaim, tol ini sudah siap pada H-14 lebaran.

Mulya mengatakan tol sepanjang 37 kilometer ini akan beroperasi satu lajur dengan lebar sekitar 7 meter. Saat arus mudik lajur digunakan dari barat ke timur atau dari Jakarta ke Semarang, begitu juga sebaliknya saat arus balik.

Untuk pintu keluar tol, pihaknya sudah menyiapkan empat titik. Tiga titik di Kabupaten Tegal yakni di Ujungrusi, Balamoa, dan Warureja. Adapun satu titik berada di Sewaka, Kabupaten Pemalang. "Warga Tegal yang mau ke Semarang lewat Tol bisa masuk melalui titik-titik itu," ujar Mulya.

Mengenai waktu pengoperasian, apakah akan digunakan saat siang hari saja, atau malam juga beroperasi, pengelola menyerahkan pengaturan itu kepada pihak kepolisian dan dinas perhubungan. “Kalau itu nanti kami serahkan kepada yang berwenang. Yang jelas kami nanti siapkan rambu-rambunya agar malam hari bisa digunakan,” kata dia.

Sementara itu, Kapolres Brebes, Ajun Komisaris Besar Luthfie Sulistiawan, mengaku pesimistis tol Brebes-Pemalang bisa beroperasi saat arus mudik nanti. Sebab, berdasakan pengecekan yang dilakukan jajarannya Jumat akhir pekan lalu, masih banyak jalur yang belum kelar. “Masih dikaji pemberlakuan tol, apakah nanti dibatasi atau sistem ganjil genap kita masih belum tau,” kata Luthfie.

MUHAMMAD IRSYAM FAIZ