Dunia, Pyongyang -Korea Utara akan meluncurkan uji coba senjata nuklirnya yang keenam kalinya akhir April ini. Peluncuran ini sekalian untuk merayakan hari lahir ke 85 Angkatan Bersenjata Rakyat Korea tanggal  25 April 2017.

Peluncuran uji coba senjata nuklir Korea Utara, menurut ahli dari Sejong Instute, Cheong Seong-chang merupakan yang paling maju sebelum mengakhiri uji coba program nuklirnya.

Baca juga: Cina Tempatkan 150 Ribu Tentara di Perbatasan Korea Utara

Korea Utara melakukan uji coba senjata nuklirnya yang keenam untuk memberikan pengaruh kepada pemerintahan baru Korea Selatan. Pemilihan presiden Korea Selatan akan diadakan pada 9 Mei mendatang sehubungan Park Geung-hey dimakzulkan karena terlibat kasus suap dan penyalahgunaan jabatan.  

"Korea Utara akan mengakhiri uji coba kemampuan senjata nuklirnya menjelang pembentukan pemerintahan baru Korea Selatan," kata Cheong Seong-chang seperti dikutip dari Sputnik News, 10 April 2017.

Baca juga: Peringatan Korea Utara: Kami Siap Berperang Melawan Amerika

Sebelum meluncurkan uji coba senjata nuklirnya yang keenam, Korea Utara akan mengawalinya dengan peluncuran roket satelit.

Korea Utara sudah lima kali meluncurkan uji coba senjata nuklirnya sejak tahun 2016. Dunia internasional memprotes Korea Utara atas peluncuran uji coba senjata nuklir. Dewan Keamanan PBB menjatuhkan sanksi terberatnya kepada Korea Utara setelah peluncuran uji coba senjata nuklir yang kelima awal tahun lalu.

SPUTNIK NEWS | MARIA RITA