Sport, Jakarta - Pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, menyatakan rasa bahagianya setelah berhasil menjuarai turnamen Malaysia Open 2017, Ahad. Di partai final di Stadion Perpaduan, Kuching, Sarawak, Malaysia, Minggu, Ahad, keduanya menyudahi perlawanan pemain Cina, Fu Haifeng/Zheng Siwei, 21-14, 14-21, 21-12.

Gelar itu menjadi yang ketiga diraih secara beruntun di tiga turnamen berlevel superseries. Sebelumnya, duet "penyihir raket dari Indonesia" ini juga menjuarai All England dan India Terbuka.

Marcus mengaku tak menyangka bisa meraih gelar ketiga secar a beruntun. "Tentu senang bisa dapat gelar super series lagi, berturut-turut dari All England, Indi,a dan Malaysia," kata dia, seperti dikutip dari siaran pers PB PBSI. "Awalnya tidak menyangka kami bisa menang di sini (Malaysia), karena tenaga kami sudah terkuras."

Mereka baru pertama kali bertemu dengan Fu/Zhang, yang memang merupakan pasangan baru. "Mereka tampil bagus. Di game kedua kami tidak antisipasi kalau mereka mau main bertahan, karena kami tidak siap untuk serang habis-habisan, energi kami lumayan terkuras. Kemudian kami berdiskusi bersama dan mencari strategi lain," kata Marcus. Di game ketiga kami pikir ini sudah tanggung, kami ke final, harus juara, jadi nekad saja, mainnya maksa."

Adapun Kevin menegaskan tak ada rahasia apa-apa di balik keberhasilan kami hattrick. "Kami hanya melakukan yang terbaik, nggak terlalu mikirin menang atau kalah, pokoknya berjuang terus," kata dia. "Walaupun badan capek dan kami sedang sakit habis ikut dua turnamen berurutan, selagi bisa menang kenapa tidak? Kami manfaatkan momen kami sedang tampil bagus."

Pasangan nomor satu dunia ini selanjutnya akan bertarung di turnamen Singapura Terbuka 2017.

ANTARA | BADMINTON INDONESIA | NS