Nasional, Jakarta - Juru bicara Istana Kepresidenan Johan Budi Sapto Pribowo menyampaikan bahwa hingga saat ini belum ada perubahan terkait rencana pelantikan hakim Mahkamah Konstitusi baru, Saldi Isra. Rencananya, pelantikan itu akan dilakukan besok.

"Menurut rencana, besok pelantikannya," ujar Johan Budi kepada awak media di Istana Kepresidenan, Senin, 10 April 2017.

Baca juga: Menjelang Dilantik Jadi Hakim MK, Saldi Isra Lepas 3 Jabatan

Sebagaimana telah diberitakan, kabar terpilihnya Saldi Isra sebagai hakim MK yang baru muncul pada Jumat pekan lalu. Ia mengalahkan dua calon lainnya yaitu Bernand L Tanya dan Wicipto Setiadi.

Johan melanjutkan, Presiden Joko Widodo tidak sembarangan dalam memilih Saldi Isra. Berdasarkan pertimbangan Presiden Joko Widodo, Saldi adalah calon dengan rekam jejak paling bagus.

"Presiden lebih memilih Saldi karena selama ini track record nya baik, punya kapasitas, serta kapabel," ujar Johan.

Sebelum terpilih sebagai hakim MK yang baru, menggantikan Patrialis Akbar yang terjerat perkara suap, karier Saldi memang mentereng. Selain menjadi Direktur Pusat Studi Konstitusi (PUSaKO) Fakultas Hukum Unand yang memperhatikan isu-isu ketatanegaraan, ia juga menjadi anggota Pansel Seleksi Komisioner KPU dan Bawaslu.

Ia pun kerap menerima berbagai penghargaan. Beberapa di antaranya adalah Bung Hatta Anti-Corruption Award pada tahun 2004, Tokoh Muda Inspiratif Kompas pada tahun 2009, dan Megawati Soekarnoputri Award sebagai Pahlawan Muda Bidang Pemberantasan Korupsi pada tahun 2012.

ISTMAN MP