Dunia, Washington - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mendiskusikan serangan ke Suriah dengan Kanselir Jerman  Angela Merkel dan Perdana Menteri Inggris Theresa May melalui telepon.

"May dan Merkel mendukung aksi AS dan setuju dengan Presiden Trump bahwa Presiden Suriah Bashar al-Assad harus bertanggung jawab atas serangan bom kimia," kata Gedung Putih melalui sebuah pernyataan.

Baca: Terungkap, Jenderal Ini yang Jatuhkan Bom Sarin di Suriah

Gedung Putih menambahkan, Presiden AS dan kedua pemimpin Eropa sepakat untuk tetap berhubungan mengenai Suriah dan isu-isu internasional lainnya yang menjadi perhatian bersama.

AS menembakkan sedikitnya 59 rudal Tomahawk ke pangkalan Angkatan Udara Suriah, akhir pekan lalu, setelah lokasi ini diduga menjadi titik tolak serangan senjata kimia Suriah Provinsi Idlib.

Baca: Telepon Presiden Suriah, Presiden Iran Rouhani Berikan Dukungan

Akibat serangan kimia yang dilancarkan pada Selasa pekan lalu, menurut Syrian Obsevatory for Human Right, 86 orang termasuk 27 anak tewas.

Pejabat AS yang tak bersedia disebutkan namanya yakin bahwa Rusia selaku sekutu utama Suriah mengetahui serangan yang dengan senjata kimia tersebut.

LONDON SOUTH EAST | CHOIRUL AMINUDDIN