Bisnis, Jakarta - United Airlines, maskapai penerbangan Amerika Serikat menuai kecaman setelah beredar video diusirnya salah satu penumpang dari dalam pesawat. Dalam video tersebut, penumpang bertampang Asia yang berprofesi sebagai dokter itu diseret di sepanjang kabin hingga wajahnya berdarah. Saat itu pesawat bersiap lepas landas dari Chicago ke Louisville pada Minggu, 9 April 2017.

Baca: Mengapa Tak Boleh Pakai Legging di Pesawat, Ini Alasannya

Jayse D Anspach, penumpang yang mengunggah rekaman berdurasi kurang dari satu menit itu menyatakan, United Airlines kelebihan penumpang. Dalam akun Twitternya, Anspach menuliskan, #United kelebihan penumpang dan mengunginkan empat penumpang memberikan kursi mereka pada awak pesawat yang harus bekerja besok."

Namun tak ada satu penumpang United Airlines pun yang rela menyerahkan kursi ke awak kabin. Pihak United Airlines lantas memilih empat penumpang, di antaranya adalah seorang dokter berwajah Asia dan istrinya.

Sang dokter menolak turun dari pesawat karena harus bekerja di rumah sakit pada keesokan harinya. "Sepuluh menit kemudian, dokter kembali ke dalam pesawat dengan muka berdarah, ia memegang surat dan mengatakan saya harus pulang."

Melalui akun Twitternya, pimpinan United Airlines, Oscar Munoz langsung meminta maaf atas insiden tersebut. "Ini peristiwa yang menjengkelkan bagi kami semua di United Airlines."

Sebelumnya, United Airlines menurunkan penumpang karena menggunakan celana legging di pesawat. Celana legging dinilai tak sesuai dengan kode berpakaian United Airlines.

BBC | DEWI