Bisnis, Jakarta - Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan pihaknya sudah menyiapkan stok berbagai bahan pokok menghadapi Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri. Dia menjamin stok untuk kebutuhan hari raya tahun ini akan aman.

"Stok ada dua juta lebih (beras) dan kemudian harga bawang (merah) stabil," kata Amran Sulaiman saat ditemui di Balai Kartini, Jakarta, Senin, 10 April 2017.

Baca: Ini Upaya Pemerintah Cegah Spekulan Nakal Timbun Bahan Pokok  

Amran menuturkan stok bawang merah ada 2 ribu ton untuk saat ini dan bawang putih juga sudah disiapkan sebanyak 1.000 ton. Selain itu stok daging juga disiapkan sebanyak 40 ribu ton dan jagung sudah disiapkan 130 ribu ton. "Cabe tak masalah."

Menurut Amran khusus soal jagung, pihaknya sudah meminta kepada Bulog untuk mendahulukan peternak kecil dalam pendistribusian jagung. Diketahui jagung merupakan bahan pokok dari pakan ternak.

Baca: Kurangi Kesenjangan, Bulog Diusulkan Urus Lagi Sembako

Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta Sumarsono mengatakan stok bahan pokok di Jakarta aman. Dia mengaku sudah menghitung kebutuhan dan stok bahan pokok. "Sudah hitung, cukup kebutuhan kita mulai daging, sayur, telur dan beras."

Sumarsono mengungkapkan harus ada perencanaan matang soal stok kebutuhan bahan pokok, terutama soal daging. Dia menjelaskan sudah berkoordinasi dengan BUMD yang mengurusi soal pangan. "Bicarakan suplai, soal daging ada dari NTT."

DIKO OKTARA